Minggu, 20 Oktober 2013

Mengenal Marching Band

Sejarah Singkat Lahirnya Marching Band

Konon, Marching Band lahir pada paska perang ke II. kegiatan ini bermula dari prakarsa para veteran PD II. Untuk mengenang patriotisme mereka, bersama generasi muda yang ada dilingkungannya mereka membentuk korps musik dengan memainkan lagu-lagu mars nostalgia PD II sambil ber-parade keliling
kota dalam acara-acara ceremonial maupun celebration.

Konon, karena memang pada awal pembentukannya bertujuan untuk bernostalgia Perang Dunia II yang merekam banyak kenangan peristiwa-peristiwa dahsyat itu, maka pada awalnya kegiatan ini diberi nama Military Band yang kemudian dalam perkembangannya berganti nama Marching Band hingga sekarang.

Berawal dari kegiatan itulah kini marching band kian berkembang dan menjadi kegiatan yang sangat positif yang melibatkan para pemuda dan tidak hanya terbatas pada kegiatan parade saja, marching band sudah merupakan jenis entertain musikal show yang kaya akan warna-warna artis-tikal, baik musikal maupun visual. Oleh karenanyamereka tidak terbatas memainkan lagu-lagu mars. Lagu Pop, Jazz dan bahkan lagu-lagu Klasik dan Opera kinimerupakan bagian dari musical program mereka.

Dalam tuntutan perkembangannya, mereka terus menerus mengembangkan tekhnik-tekhnik bermain secara baik.

Definisi Marching Band

Marching Band artinya "musik bergerak" atau "musik berjalan" (Music in motion). "Band" berarti kumpulan musik, sedangkan "Marching" artinya bergerak atau berjalan. Dengan demikian, marching band adalah kegiatan seni musik atau musical activity.

Keseluruhan kegiatan marching band dibagi dalam dua bagian pokok yakni musical dan visual. Keduanya merupakan satu kesatuan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Bila kita lihat aktifitasnya dari dekat, tata cara yang dilakukan maupun seragam yang digunakan menyerupai militer. Dari sanalah kemudian kita sedikit tahu tentang manfaat kegiatan marching band yang berlatih musik serta melatih disiplin ala militer. sumber. citra intirama 2004



Tidak ada komentar:

Posting Komentar